Rabu, 20 Maret 2019

Resep Brownies Alpukat








Saat ini sepertinya brownies dengan bahan buah alpukat sedang menjadi dessert yang disukai banyak orang. Perpaduan antara kue brownies dengan lelehan lembutnya buah alpukat memang menciptakan sensasi yang berbeda. Jadi jangan heran lagi jika browkat brownies alpukat menjadi jajanan kekinian kids jaman now.
Awal tau resep browkat brownies alpukat lumer ini saya lihat di grup masakan facebook. Entah kenapa saya penasaran dan langsung cari tahu tentang kreasi kue brownies alpukat di tahun 2018 ini. Dari lihat proses pembuatannya di Youtobe, Instagram dan berakhir dengan melihat-lihat review dari para food blogger Indonesia maupun luar negeri.
Dan ternyata mengolah buah alpukat menjadi makanan yang enak itu gampang-gampang susah ya. Berbeda dengan buah alpukat yang di buat olahan es atau minuman. Itu hal yang sangat mudah dan dapat di kreasikan oleh siapa pun. Karna cukup di bikin smooties saja atau cukup di ambil dagingnya untuk campuran es buah, es teler, Es Oyen dan Aneka Minuman Segar.
Berbeda dengan buah alpukat yang di kombinasikan ke dalam bahan lainnya. Seperti ketika saya membuat Rahasia Resep Puding Alpukat Agar Tidak Pahit (Lapis Coklat). Di sana saya harus mencari cara atau tips agar buah alpukat menjadi tidak pahit. Karena jika kita salah mengolahnya buah alpukat bisa menjadi pahit untuk di makan.
Sama seperti halnya resep browkat brownies alpukat ini. Tips agar hasil browkat tidak pahit adalah pastikan buah alpukat yang digunakan matang dari pohonnya. Dan karena kita tidak bisa selalu dapat alpukat yang matang dari pohonnya maka yang harus di perhatikan adalah gunakan buah alpukat yang benar-benar matang dan jangan ada bagian daging alpukat yang masih keras.
Kemudian tips selanjutnya adalah setelah buah alpukat dibuka, jangan ragu untuk mencicipi daging alpukatnya terlebih dahulu. Jika buahnya pahit lebih baik jangan digunakan. Dan jangan lupa ambil atau keruk bagian daging alpukat yang berwarna kuning saja. Pilih bagian yang masih mulus tanpa serat-seratnya. Untuk hasil terbaik gunakan alpukat mentega.
Cara membuat resep browkat brownies alpukat ini sebenarnya cukup mudah dan tidak terlalu sulit. Tapi jujur bikin ini prosesnya cukup lamaaaaaaa. Tapi kebayar sama hasil dan rasanya yang enak dan super nyoklat. Apa lagi kalau di makan saat kondisi dingin.
Bagi yang penasaran dan ingin tahu cara bikinnya yuk langsung saja di simak Bahan-bahan dan Cara Membuat Resep Browkat Brownies Alpukat seperti berikut ini.
Pertama, Bahan-bahan Brownies :
  • Telur 4 butir
  • Gula pasir 150 gram
  • SP 1/2 sendok teh
  • Tepung terigu 80 gram
  • Coklat bubuk 35 gram
  • Baking powder 1/2 sendok teh
  • Vanili bubuk 1/2 sendok teh
  • DCC (dark cooking chocolate) 75 gram
  • Mentega 120 gram
Kedua, Bahan Vla Alpukat :
  • Alpukat yang matang 500 gram
  • Susu kental manis putih 120 gram atau 3 sahcet
  • Air 100 mili liter
Ketiga, Bahan Whipped Cream :
  • Bubuk whippy cream Haan 100 gram
  • Air es 200 mili liter
Keempat, Bahan Coklat Ganache :
  • DCC (dark cooking chocolate) 250 gram
  • Susu UHT full cream 125 mili liter
  • Butter 1 sendok makan
Cara Membuat Browkat Brownies Vla Alpukat :
  1. Brownies : langkah awal campurkan mentega dan DCC, lalu tim sampai mencair. Sisihkan.
  2. Selanjutnya kocok telur, gula pasir, vanili dan SP hingga mengembang dan kental berjejak.
  3. Masukkan tepung terigu, coklat bubuk dan baking powder, aduk rata.
  4. Tuangkan campuran mentega dan DCC lalu aduk balik sampai rata dan tidak ada endapan cairan dibawahnya. Lalu tuang ke dalam loyang yang sebelumnya sudah di olesi margarin, lalu kukus kurang lebih selama 30 menit.
  5. Angkat dinginkan.
  6. Vla Alpukat : Campur dan blender semua bahan vla hingga halus. Sisihkan.
  7. Whipped Cream : Campurkan semua bahan lalu kocok dengan mixer sampai kaku atau kental berjejak.
  8. Coklat Ganache : Rebus susu UHT sampai panas, tidak perlu sampai mendidih ya. Lalu masukkan DCC, aduk larut sampai benar-benar rata. Masukkan butter, lalu aduk sampai mengkilap dan licin.
  9. Penyelesaian : Potong brownies lalu letakkan ke dalam mangkuk saji yang transparan atau jar.
  10. Tuang vla alpukat secukupnya, berlanjut dengan tuangkan whipped cream diatas vla alpukat secukupnya, lalu siram dengan coklat ganache. Terakhir beri topping kacang sangrai secukupnya.
  11. Bisa juga pakai kacang almond atau keju jika suka. Kalau di lihat tampilannya sekilas mirip dengan tampilan cheese cake lumer ataupun tiramisu jar ya. Cantik!
  12. Simpan ke dalam kulkas, sajikan ketika dingin. Nyaam!


0 komentar:

Posting Komentar