Sabtu, 23 Maret 2019

Cara Memutihkan Wajah Secara Alami dan Praktis untuk Kulit Wajahmu


Cara Memutihkan Wajah Secara Alami - Wajah Kusam

Setiap wanita pasti mendambakan wajah yang putih, sehat, dan berseri, bukan? Namun jangan bersedih jika wajahmu masih kusam dan gelap, ada beberapa cara yang bisa kamu lakukan untuk mengubah kondisi wajahmu itu. Mau tahu caranya? Makanya baca ulasan lengkapnya di sini.
Memiliki wajah yang kusam dan gelap pastinya mengurangi rasa percaya dirimu. Untuk itu kamu perlu membaca cara memutihkan wajah secara alami dan praktis yang terdapat dalam artikel ini. Jika kamu ingin wajahmu terlihat putih dan cerah secara natural tentunya dibutuhkan cara alami memutihkan wajah.
Banyak orang yang ingin mendapatkan kulit wajah putih, cerah, dan segar secara cepat hanya dalam hitungan hari. Biasanya cara memutihkan wajah dalam 1 minggu itu menggunakan bahan-bahan kimia yang bahkan tidak terdaftar di BPOM. Padahal bisa saja kandungan dalam produk tersebut justru akan merusak kulit wajah.
Meskipun banyak juga produk pemutih yang telah terdaftar di BPOM dan terbukti dapat memutihkan dan mencerahkan wajah. Namun, kamu harus rela mengeluarkan uang yang tidak sedikit.
Kamu tidak perlu bingung memilih antara membeli produk berkualitas baik tapi mahal atau murah namun membahayakan. Mending kamu coba cara memutihkan wajah secara alami dan praktis menggunakan masker dalam artikel ini!

Ketahui Jenis Kulit Anda


Cara Memutihkan Wajah Secara Alami - Cewek Cantik
Sebelum memulai perawatan cara alami memutihkan wajah agar semulus wajah artis-artis drama korea, sangat penting untuk mengetahui jenis kulit yang kamu miliki. Penting untuk mengetahui apakah kulitmu ini berminyak, kering, atau kombinasi agar kamu bisa memilih perawatan yang tepat.
Walaupun setiap hari menyentuh dan memandangi wajah, tak semua orang mengetahui tipe kulit wajah diri sendiri. Berikut klasifikasi jenis kulit yang bisa kamu pelajari untuk mengetahui cara memutihkan wajah secara alami yang tepat.

1. Kulit Berminyak

Bila kamu memiliki permukaan kulit yang tampak seperti kulit jeruk atau pori-porinya lebar dan terbuka, berarti wajahmu tergolong dalam kategori berminyak. Pori-pori yang lebar ini tidak hanya terlihat di permukaan hidung tapi juga seluruh wajah.  Ciri ciri lainnya adalah tekstur kulit tebal, tampilan wajah berkilat, dan riasan wajah seringkali cepat luntur.
Penyebab kulit berminyak ini dikarenakan kelenjar minyak sangat produktif, hingga tidak mampu mengontrol jumlah minyak yang harus dikeluarkan. Memberikan perawatan untuk kulit berminyak bukan berarti menghilangkan seluruh minyak. Tetapi menjaga agar kadar minyak tetap seimbang dan kulit tetap dalam keadaan bersih dan cerah.

2. Kulit Kering

Kebanyakan wanita yang memiliki kulit kering memang tidak perlu mengkhawatirkan masalah pori-pori pada wajah. Namun, kamu yang memiliki wajah kering biasanya wajahmu cenderung sensitif, sehingga mudah iritasi saat musim dingin karena kurang kelembaban.
Beberapa ciri-ciri jenis kulit kering diantaranya adalah kulit terlihat kusam dan kasar, garis-garis halus pada wajah lebih terlihat, dan kulit mudah terkelupas. Hal itu seringnya terjadi setelah mandi atau membersihkan wajah dengan sabun pencuci muka.

3. Kulit Kombinasi

Tipe kulit ini kerap membuat sedih dan kecewa pemiliknya. Hal tersebut karena tipe ini adalah perpaduan antara dua jenis kulit wajah antara kulit kering dan berminyak.
Ciri ciri dari kulit kombinasi adalah terlihat mengkilap hanya pada bagian dahi, hidung, dan dagu, tetapi kering di bagian lainnya. Selain itu, tipe kulit kombinasi memiliki pori-pori yang besar dan komedo yang sulit dihilangkan.
Memiliki jenis kulit yang seperti ini membutuhkan perawatan yang berbeda untuk setiap bagiannya. Sehingga bagi kamu yang memiliki tipe kulit kombinasi perlu berhati-hati dalam memilih produk kecantikan. Beberapa faktor yang bisa menyebabkan kulit kita bertipe kombinasi, di antaranya adalah faktor genetik atau perubahan cuaca.

4. Kulit Normal

Untuk orang Indonesia, tidak banyak orang yang memiliki kulit wajah dengan tipe normal. Hal ini dikarenakan Indonesia beriklim tropis, di mana perubahan cuaca kerap kali membuat kulit menjadi rentan.
Ciri-ciri kulit normal adalah memiliki tekstur yang kenyal, lembut, jarang berjerawat, tidak berkomedo, dan halus. Tipe kulit ini cenderung tidak sensitif akan produk kecantikan apapun. Tapi untuk menjaga agar kulit tetap sehat, tetap harus dirawat dan dibersihkan secara rutin.

5. Kulit Sensitif

Pada umumnya, jenis kulit sensitif cenderung sangat kering dan bisa dengan mudahnya terkena iritasi. Selain itu, tipe kulit ini terdapat beberapa bagian wajah yang berwarna sedikit kemerahan.
Memang sangat sulit untuk merawat kulit sensitif dengan benar.  Menggunakan produk kecantikan dengan dalih ingin terlihat cerah, malah membawa masalah baru karena tidak cocok dengan produk kecantikan tersebut. Untuk itu, perlu melakukan perawatan secara alami yang tidak memiliki efek samping agar wajah sensitifmu tetap terjaga.

Cara Memutihkan Wajah Secara Alami Menggunakan Masker


Cara Memutihkan Wajah Secara Alami - Cewek Membersihkan Wajah

Banyak orang yang ingin tahu cara memutihkan wajah secara alami dan cepat dalam 1 hari. Namun, segala sesuatu yang singkat pastilah memiliki efek samping yang membahayakan bagi kesehatan kulit.
Untuk itu perlu diketahui bahwa cara memutihkan wajah secara alami dan permanen itu memang tidak singkat dan membutuhkan ketelatenan. Namun, hasil cerahnya akan lebih alami dan tidak memiliki efek samping, bahkan akan menyehatkan kulitmu.
Cara memutihkan wajah secara alami ini terbilang mudah dan sangat simple. Anda tidak perlu mengeluarkan banyak bujet agar terlebih lebih cerah. Cukup mengetahui bahan alami mana yang cocok untuk jenis kulitmu dan lakukan perawatan dengan rutin.

1. Tomat

Kandungan vitamin C dan antioksidan (lycopene) yang ada dalam si buah berwarna merah ini terbukti dapat menangkal radikal bebas. Selain dapat dikonsumsi, tomat juga dapat digunakan sebagai masker wajah untuk mendapatkan kulit yang sehat, cerah, dan bercahaya.
Cara alami memutihkan wajah dengan tomat ini cukup simple dan cocok dijadikan sebagai pilihan perawatan wajah. Yang perlu pertama kali dilakukan adalah menumbuk halus atau mem-blender tomat hingga lembut.
Bersihkan wajah dan oleskan tomat pada wajah secara merata. Kemudian diamkan hingga kering atau kurang lebih 30 menit dan bilas dengan air hingga bersih.
Perawatan alami menggunakan tomat ini tidak mengandung efek samping apapun, jadi sangat cocok untuk segala jenis kulit. Kamu juga bisa menggunakannya di pagiataupun malam hari.

2. Lemon

Cara mencerahkan wajah kusam secara alami lainnya adalah menggunakan buah lemon. Meskipun berukuran kecil, buah yang berwarna kuning ini kaya akan antioksidan dan vitamin C serta asam alpha hydroxy yang dapat menangkal radikal bebas.
Selain menyegarkan, lemon juga dapat digunakan sebagai masker wajah. Cara alami memutihkan wajah dengan lemon ini adalah dengan memeras airnya dan mengoleskan secara merata pada wajah yang telah dibersihkan. Diamkan selama kurang lebih 15 menit lalu bilas dengan air hangat.
Untuk hasil yang maksimal, lakukan secara rutin 1-2 kali dalam seminggu. Selain bisa mencerahkan wajah, lemon juga bisa mengobati jerawat dan menyamarkan noda hitam. Sayangnya, buah lemon ini kurang cocok untuk kulit sensitif karena dapat menimbulkan iritasi kulit.

3. Jeruk Nipis


Cara Memutihkan Wajah Secara Alami - Jeruk Nipis
Buah yang masam satu ini sangat cocok untuk digunakan masker wajah agar kulit tampak putih dan cerah. Jeruk nipis kaya akan kandungan antioksidan dan vitamin C, sehingga cocok untuk menghindari jerawat, mencerahkan wajah, mengatasi minyak berlebih, dan mengangkat sel kulit mati.
Cara alami memutihkan wajah dengan jeruk nipis pun cukup mudah. Belah jeruk nipis menjadi dua bagian lalu oleskan secara merata pada wajah yang terah dibersihkan. Diamkan selama 30 menit atau sampai mengering.
Sembari menunggu hingga kering, kamu bisa mendengarkan lagu agar lebih rileks dan santai.  Setelah kering, bilas dengan air hangat hingga bersih.
Agar hasilnya lebih memuaskan, lakukan cara memutihkan kulit wajah secara alami ini dengan rutin, yaitu 1-2 kali semiggu. Namun sayangnya, sama halnya dengan lemon, jeruk nipis ini kurang cocok untuk kulit sensitif.

4. Susu

Dalam wajah setiap manusia terdapat kolagen agar kulit tetap terlihat kenyal seperti pantat bayi, elastis, cerah, dan tidak berkerut. Susu kaya akan kandungan vitamin D yang dapat meningkatkan produksi kolagen serta vitamin B6 yang baik untuk menstabilkan kelembapan kulit.
Selain diminum, susu ini juga dapat digunakan sebagai masker. Cara alami memutihkan wajah dengan susu ini cukup dengan mengoleskan susu segar secara merata pada wajah yang telah dibersihkan. Biarkan selama 30 menit lalu bilas dengan air hangat.
Selain membantu mencerahkan wajah, cara alami memutihkan wajah dengan susu juga bermanfaat untuk meredakan iritasi dan mengatasi kulit kering. Sehingga masker susu ini cocok digunakan untuk tipe wajah kering dan sensitif.

5. Air Beras

Beras kaya akan kandungan asam ferullic serta allantoin yang berguna untuk melindungi kulit dan memutihkannya. Cara memutihkan wajah secara alami dengan beras ini relatif mudah.
Pertama, isi setengah cangkir dengan beras, lalu cuci dengan cepat untuk menghilangkan debu dan kotoran-kotoran yang menempel. Kemudian tambahkan air segar dan aduk-aduk dengan tangan.
Diamkan selama 60 menit untuk mendapatkan air yang mengandung nutrisi dalam beras. Setelah itu, pisahkan air dari beras dan oleskan airnya secara merata pada wajah yang sudah dibersihkan.
Diamkan selama 30 menit dan bilas wajah hingga bersih. Menggunakan masker wajah dari air beras ini cocok untuk semua jenis kulit. Cara alami memutihkan wajah yang sangat simple ini pun diharapkan mampu memberikan motivasi agar kamu bisa rutin dalam pemakaiannya.

Hindari Hal-Hal Berikut Untuk Hasil yang Lebih Maksimal


Cara Memutihkan Wajah Secara Alami - Tangan Menolak
Berhasil atau tidaknya cara alami memutihkan wajah yang kamu lakukan bergantung dari seberapa telaten kamu menggunakannya. Selain itu, ada beberapa hal yang perlu kamu hindari untuk mendapatkan hasil yang maksimal.
Selain mendapatkan wajah yang keren dan lebih cerah, pastinya setiap orang ingin wajahnya dalam keadaan sehat. Berikut beberapa hal yang perlu dihindari agar perawatan kulit wajah berjalan sesuai ekspektasi.

1. Kurang Tidur

Sering begadang sangat tidak baik untuk kesehatan. Selain mempengaruhi kesehatan tubuh, kurang tidur juga buruk untuk kesehatan kulitmu. Kelembapan kulit menjadi tidak seimbang sehingga kulit akan menjadi lebih kering.
Selain itu, kandungan pH dalam kulit akan berkurang sehingga wajah menjadi kemerahan dan muncul jerawat. Bahkan, ketika kandungan pH menurun kulit menjadi kusam karena tingkat kelembaban yang berkurang. Maka dari itu, tidurlah selama delapan jam agar kebutuhan pH  dalam kulit tercukupi.

2. Menggunakan Produk Pemutih Ilegal

Banyak sekali produk-produk kecantikan yang tidak terdaftar BPOM dijual secara gamblang baik melalui internet seperti Instagram. Padahal belum tentu produk kecantikan tersebut cocok untuk kulitmu dan bisa jadi memiliki efek samping seperti alergi atau bahkan kanker kulit.
Selain itu, banyak pula tersebar di media sosial terkait cara-cara ampuh dan singkat untuk memutihkan wajah menggunakan bahan-bahan yang tidak lazim. Salah satunya adalah cara memutihkan wajah dengan pasta gigi. Padahal, seluruh kandungan bahan kimia yang ada pada pasta gigi beresiko untuk menimbulkan iritasi sampai alergi pada semua jenis kulit.

3. Terkena Sengatan Matahari Secara Langsung

                                  Cara Memutihkan Wajah Secara Alami - Sinar Matahari
Tahukah kamu, sengatan matahari di siang hari sangat tidak baik bagi kesehatan kulit? Sengatan matahari menyebabkan kulit terbakar dan menjadi lebih gelap. Hal tersebut dikarenakan terjadi kerusakan pada sel kulit sehingga sel penghasil pigmen akan memproduksi lebih banyak melanin.
Untuk menghindari sengatan matahari langsung, kamu bisa menggunakan tabir surya yang mengandung SPF tinggi. Bahkan, para dokter kecantikan menyarankan untuk menggunakan tabir surya dalam jumlah cukup dan aplikasi ulang bila perlu.

4. Kurang Mengkonsumsi Air Putih dan Vitamin A

Kurangnya cairan dalam tubuh atau dehidrasi dapat menurunkan elastisitas pada kulitmu. Dehidrasi juga membuat kulit kering sehingga tampak kusam. Untuk itu sangat penting mengkonsumsi air putih agar kesehatan dan kecerahan kulit selalu terjaga.
Selain mengkonsumsi air putih, vitamin A juga sangat dibutuhkan oleh kulit. Vitamin ini tidak hanya berguna bagi kesehatan mata, tetapi juga memiliki banyak manfaat untuk kesehatan kulit. Sehingga kamu perlu banyak mengkonsumsi buah-buahan yang kaya akan vitamin A agar kulitmu tetap terjaga kesehatannya.

5. Asap rokok

Bukan rahasia lagi jika kandungan kimia pada rokok bahaya bagi kesehatan tubuh. Tidak hanya organ dalam tubuh yang mengalami gangguan, tetapi juga kulit wajah.
Kandungan yang ada dalam rokok menyebabkan pembuluh darah menyempit sehingga jumlah oksigen untuk kulit pun berkurang. Hal tersebut menyebabkan wajah lebih mudah keriput, kurang elastis, dan tampak kusam.

Kulit Wajah Juga Butuh Nutrisi

Apakah kamu sudah mengetahui jenis kulit dan masker wajah yang cocok? Setelah mengetahuinya, segeralah praktikkan cara memutihkan wajah secara alami ini.
Dengan menggunakan bahan-bahan alami tersebut sebagai masker, tentunya tidak hanya membantu wajah tampak lebih putih dan cerah seperti artis korea Song Hye Kyo. Tetapi juga memberikan nutrisi untuk kulitmu agar lebih sehat dan segar.
Sejatinya, tidak hanya tubuh yang membutuhkan nutrisi lebih, kulit wajah pun sangat membutuhkan nutrisi. Sehingga kita perlu senantiasa merawat kulit wajah dan menghindari hal-hal yang sekiranya akan membahayakan kesehatan kulit.
Cara alami memutihkan wajah ini pun tidak hanya untuk perempuan saja. Bagi kamu para laki-laki yang ingin mendapatkan wajah yang putih dan cerah, tidak ada salahnya untuk mencoba cara memutihkan kulit wajah secara alami ini.

0 komentar:

Posting Komentar